Produk bisnis perhotelan mempunyai empat karakteristik khusus, yaitu:

produk nyata(tangible), tidak nyata (intangible), bersifat “perishable” dan “non  perishable”.

  1. Produk yang bersifat nyata antara lain kamar, makanan, minuman, kolam renang dan sebagainya.
  2. Produk yang bersifat tidak nyata, antara  lain” keramah tamahan, kenyamanan, keindahan, keamanan dan sebagainya.
  3. Produk  bersifat  perishable artinya  bahwa produk tersebut hanya bisa dijual saat ini adalah produk tidak tahan lama yang dapat disimpan di gudang. Contohnya kamar hotel, bahan makanan segar yang tidak dapat disimpan seperti sayur-mayur.
  4. Produk  yang bersifat non perishable misalnya minuman keras, soft drink, perlengkapan tamu (guest supply and amenities).

Bisnis hotel mempunyai tujuan yaitu mendapatkan pendapatan seoptimal mungkin melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan tamu (guest need & wants). Kepuasan tamu menjadi sasaran pelayanan untuk membentuk citra hotel yang baik dan sekaligus menjamin keberadaan hotel dalam jangka panjang.

Gambar 2.6 Contoh Produk Nyata Hotel


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s