Tugas utama reservation staff (clerk) adalah mencatat dan memproses seluruh pemesanan kamar secara akurat sekaligus mempromosikan produk hotel serta menciptakan & menjaga citra hotel yang baik melalui pemberian pelayanan yang maksimal. Adapun rincian tugas reservation staff yaitu :

  1. Menjual produk hotel dengan cara melakukan tehnik penjualan
  2. Mempromosikan produk dan fasilitas hotel
  3. Mempertahankan pengetahuan tentang produk dan pelayanan yang ada di hotel seperti harga & fasilitas promosi, harga khusus dll
  4. Menjalin hubungan yang baik dengan tamu serta mengantisipasi kebutuhan tamu
  5. Mencatat dan memproses pemesanan yang dilakukan dengan berbagai macam media
  6. Menerima pemesanan kamar yang ada dalam daftar tunggu (waiting list)
  7. Memproses perubahan pemesanan kamar
  8. Mencatat metode pembayaran yang sudah di atur khusus untuk tamu rombongan dan konvensi
  9. Melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari tamu no show
  10. Meminta persetujuan FOM atau finance manager untuk pemesanan kamar yang menginginkan pembayaran kredit
  11. Membuat laporan reservasi
  12. Mengarsip data pemesanan kamar secara akurat


4 responses »

  1. eichahirata mengatakan:

    Kaih perbedaannya dong antara petugan reservetion cleck dihotel bintang 3, 4, 5. makasih :)

    • Muhammad Isnu mengatakan:

      pada umumnya reservation clerk mempunyai tugas dan tanggung jawab atas semua pemesanan kamar dari berbagai sumber,,,
      kalau untuk bedanya antara reservation clerk untuk bintang 5, 4, & 3,
      itu terletak pada job descriptionnya saja,
      dimana kalau untuk bintang 4 biasanya masih menggbung tugas dari reception seperti bintang 3,
      dan untuk bintang lima sudah sendiri, dan hanya menangani pemesanan saja,,
      adapun tugas dan tanggung jawab seorang rservation clerk antara lain:
      1). menangani penerimaan pemesanan kamar dari berbagai sumber dan media
      2). melaksanakan pross penerimaan pemesanan kamar termasuk membuatkan confirmation voucher, dan sudah termasuk:
      – memasukkan data tamu ke reservation form
      – memasukkan data tamu ke reservation slip
      3). mengarsip pemesanan kamar sesuai dengan tanggal kedatangan
      4). mengontrol situasi kamar

      terimakasih, semoga bermanfaat,, :)

  2. dewi mengatakan:

    bisa di jelasin juga nggak ,kalau tugas supervisor reservasinya itu ngapain aja ?

    • Muhammad Isnu mengatakan:

      mohon maaf,
      artikel yang admin posting hanya tugas reservation clerk saja,
      sementara tugas dari Spv Recervation yang admin ketahui, hanya bertugas mengkoordinasi kinerja reservation clerk, menindaklanjuti laporan dari reservation clerk, dan termasuk membuat room rate (publish rate & special rate) dengan acc FOM & GM,

      mohon maaf atas keterbatasan informasi,
      terimakasih atas komentar anda :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s