1.   Perubahan pemesanan kamar (amendment of reservation)

Adalah perubahan yang terjadi atas suatu pemesanan kamar sebelum kedatangan tamu di hotel, perubahan ini dilakukan dengan alasan tertentu, perubahan pemesanan ini dapat berupa:

  • Perubahan tanggal kedatangan & keberangkatan
  • Perubahan jenis kamar
  • Penambahan atau pengurangan jumlah tamu & jumlah kamar
  • Perubahan harga

Jika terjadi perubahan pemesanan kamar, maka langkah-langkah yang harus dilakukan oleh petugas reservasi adalah sebagai berikut:

  • Mengambil data pemesanan yang telah dilakukan
  • Mengisi perubahan pada formulir change of reservation/amendment of reservation
  • Membuat perubahan pada tabel pemesanan kamar
  • Membuat perubahan pada slip pemesanan kamar
  • Menyimpan pada arsip sesuai dengan perubahan pada tanggal tiba yang baru

2.   Pembatalan pemesanan kamar (Cancelation of Reservation)

Adalah terjadinya pembatalan terhadap pemesanan kamar yang telah dilakukan sebelum waktu kedatangannya di hotel, kemudian hotel akan memberikan kode/nomer pembatalan reservasi kepada tamu sebagai bukti bahwa telah terjadi pembatalan. Di beberapa hotel yang tingkat hunian kamarnya tinggi akan menetapkaan peraturan jika pembatalan kamar terjadi setelah jam 18.00, maka advance payment for reservation akan dipotong 50%. Jika terjadi pembatalan pemesanan kamar, maka petugas reservasi akan melakukan hal sebagai berikut:

  • Mengambil data pemesanan kamar yang telah dilakukan
  • Menanyakan alasan pembatalan kamar serta mengisi formulir pembatalan dengan lengkap
  • Mencoret slip pemesanan kamar
  • Hapus data pada tabel pemesanan kamar
  • Simpan kembali pada arsip

3.   Penanganan pemesanan kamar tetapi tidak jadi datang (No Show)

No show adalah tamu yang telah memiliki pemesanan kamar namun tidak datang tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada pihak hotel, prosedur yang harus dilakukan jika terjadi no show adalah:

  • Rack slip harus disimpan untuk menjaga kemungkinan akan datang/pada hari berikutnya.
  • Berdasarkan rack slip atau buku harian, data dihapus/dikeluarkan dari tabel pemesanan kamar
  • Apabila sudah ada jamianan pembayaran, maka deposit tersebut akan diambil untuk menutupi penjualan
  • Jika mereka datang esok  harinya, bila ada kamar bisa diberikan tapi kalau kamar penuh usahakan mendapatkan kamar lain.
  • Jika memungkinkan diberikan kamarnya maka slipnya akan ditambah atau perbaikan pada buku harian dan dikembalikan ke dalam tabel sesuai dengan lamanya tinggal serta data dalam korespondensi dirubah pula sesuai dengan tanggal kedatangan.
  • Bila pemesanan kamar dilakukan oleh salah satu sumber maka sumber yang bersangkutan segera diberitahukan bahwa kliennya no show.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s