Kedatangan barang bawaan tamu rombongan

1.         Persiapan selama kedatangan barang tamu rombongan

  • Group information adalah  informasi  tamu  rombongan. Informasi  yang  diperlukan  oleh  hotel  untuk  menyiapkan segala  sesuatunya  untuk  kedatangan  tamu  rombongan, termasuk  persiapan  penanganan  barang  bawan  tamu-tamu rombongan
  • Daftar tamu rombongan dan aktivitasnya (group activities list) adalah daftar nama-nama tamu rombongan yang akan tiba  serta  kegiatannya. Daftar ini diperlukan oleh hotel untuk menyiapkan pra-pendaftaran dan menetapkan kamar untuk tamu-tamu rombongan.

Format 3.33. Group activities list


2.         Menerima barang-barang tamu rombongan

  • Memeriksa ulang group activities list

Bell captain akan memeriksa group activities list serta mencocokkan kembali dengan group activities list yang ada pada petugas penerima tamu.

  • Mengeluarkan muatan barang

Selalu menggunakan metode yang benar dalam penanganan barang bawaan tamu

  • Menempatkan barang

Barang ditempatkan di dekat pintu utama serta dikelompokkan menurut jenisnya. Tiap-tiap jenis barang disusun dalam satu baris agar mudah dihitung.

  • Menghitung barang tamu

Jumlah dari tiap-tiap jenis barang harus dihitung kemudian kondisi barang harus diperiksa satu-persatu untuk memastikan jika terdapat kerusakan pada barang.

  • Menginformasikan jumlah dan kondisi barang

Jumlah untuk tiap-tiap jenis barang termasuk kondisinya harus dilaporkan pada pimpinan rombongan (tour leader) secara terinci dan lengkap. Setelah diperiksa oleh tour leader kemudian dicatat pada group activities list sesuai dengan nomor kamar masing-masing anggota tamu rombongan.

  • Menggantungkan luggage tag pada barang-barang

 

3.         Memilih barang tamu rombongan

Mensortir barang tamu rombongan dilakukan untuk memudahkan proses pengantaran barang ke masing-masing kamar tamu. Prosedur pensortiran dilakukan dengan cara:

  • Berdasarkan lokasi : tiap-tiap barang disortir berdasarkan lokasinya   masing-masing, contoh Gedung A, Gedung B, Bungalow A, Bungalow B, garden wing, beach wing dsb.
  • Berdasarkan lantai: setelah barang disortir berdasarkan lokasi, selanjutnya barang disortir berdasarkan lantai, contoh lantai 1, Lantai 2, Lantai 3 dst.
  • Berdasarkan nomor kamar: barang disortir berdasarkan nomor kamarnya  masing-masing,  contoh  106,107,209,210,  307,308, dst.


4.         Pengantaran

Mengantarkan barang bawaan tamu menggunakan lift service agar tidk mengganggu tamu lain, pengantaran ini berdasarkan lokasi, berdasarkan lantai dan berdasarkan nomor kamar serta menggunakan kereta barang (trolley cart)

Satu tanggapan »

  1. Polly mengatakan:

    Will more variable renewable jobs australia energy sources and
    big business interests that favor keeping Japan Inc. Nuclear powered Giant solar arrays and other renewable jobs
    australias. These forward-looking statements are not a strong
    environmental choice.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s