Tujuan dari first cheking ini adalah untuk memeriksa keadaan status kamar secara nyata (riil) dengan status kamar berdasarkan data dari Print Out Computer, pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh floor supervisor atau room attendant dipagi hari sambil mengecek cucian tamu (guest laundry)

Prosedure first checking:

  1. Sebelum mengetuk pintu/bel harus diperhatikan ada tanda Don’t  Disturb Sign atau tidak. Karena kamar-kamar  dengan tanda-tanda tersebut tidak boleh diganggu/diketuk/bel.
  2. Setiap mau masuk kamar harus mengetuk/mengebel dengan menyebut roomboy, checking minimal 3x walaupun kita yakin kamar tersebut tidak ada penghuninya.
  3. Kalau tidak ada jawaban, buka pintu pelan-pelan dengan mengucapkan excuse me periksa keadaan kamar dengan seksama, berapa tempat tidur yang dipakai oleh tamu dan apakah ada kerusakan –kerusakan yang ditemukan, kalau ada cepat  laporkan  kepada Floor Supervisor untuk dibuatkan WO dan segera dikirim ke Engineering.
  4. Kamar  kosong (vacant) : periksa  apakah  segala  sesuatunya dalam keadaan baik dan komplit
  5. Kamar Check-out : periksa apakah ada barang-barang hotel yang terbawa oleh tamu atau apakah ada barang-barang tamu yang   tertinggal, kalau ada cepat laporkan kepada floor supervisor untuk cepat di  follow-up, juga diinformasikan ke housekeeping office.
  6. Kamar yang tamunya  ada di dalam kamar, supaya tamunya tidak tersinggung, tanyakan apakah ada Laundry/cucian yang akan dikirim ke Laundry.
  7. Kamar yang tamunya Sleep Out, laporkan kepada Floor Supervisor agar di Double Lock oleh Duty Manager.
  8. Kamar yang ONL/Occupied No Luggage. Andaikan tidak ketemu sendiri sama tamunya, laporkan saja sebagai check out room.
  9. Setelah selesai melakukan pemeriksaan, catat  hasilnya  pada Room Attendant  sheet, dan segera laporkan kepada Floor Supervisor. Diwaktu menyalin ke dalam Room Boy control sheet, dicatat  juga hal yang diperlukan dari kamar-kamar tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s